04/01/13

Wastafel

Yukk, Mengenal Ragam Wastafel


Wastafel
Apa itu wastafel?? Mungkin semua dari kita juga sudah tahu apa itu wastafel, beserta fungsi-fungsinya. Ya, Wastafel adalah salah satu tempat untuk kita melakukan kegiatan bersih-bersih, seperti mencuci muka, mencuci tangan, dan lainnya. Wastafel juga sangat membantu kita bila kita malas untuk mencuci tangan di kamar mandi, bila mencuci tangan di wastafel menjadi lebih cepat.

Seiring dengan pesatnya kemajuan desain interior, desain-desain wastafel pun banyak bermunculan, ada yang berbentuk oval, kotak, bundar, dan lainnya. Apapun bentuk wastafelnya, yang terpenting adalah wastafel tersebut cocok sama ruangannya serta terjaga kebersihannya. Yang perlu diperhatikan adalah pipa pembuangan wastafel tersebut. apakah ada kebocoran atau tidak.

Jika terjadi kebocoran segera diperiksa apa sebabnya dan segera diperbaiki. Kenapa harus langsung diperbaiki?? karena, air yang keluar dari selah-selah pipa yang bocor tersebut, akan membuat basah area disekeliling wastafel, seperti lantai, dinding, dan kabinet wastafel ( jika ada kabinet di wastafel tersebut ). Selain itu, Air yang membasahi dinding, menjadikan dinding tersebut lembab, jika lembab, maka akan menjadi tempat tumbuhnya kuman dan bakteri, yang akan mengganggu kesehatan.



Bisa kah berkreasi dengan wastafel?? Tentu saja, anda bisa berkreasi seperti membuatkan kabinet dibawah wastafel, agar wastafel tersebut tampak rapih, serta kabinet tersebut juga berfungsi sebagai tempat untuk menaruh sabun cuci tanga, lap, dan lainnya. Kadang, ada orang yang tidak suka bila pipa pembuangan wastafel terlihat begitu saja, maka dengan adanya kabinet/meja wastafel, pipa tersebut dapat tertutupi. dan anda bisa membuka pintu kabinet tersebut, apabila ingin mengecek pipa wastafel.

Bagaimana cara memperbaiki wastafel yang mampet??


Kadang, wastafel suka mengalami kemampetan, hal ini disebabkan bisa karena tumpukan lapisan lemak dan kotoran yang menyumbat aliran air. Lantas, bagaimana solusinya?? bisakah diperbaiki?? Untuk mengetahui solusinya, berikut informasinya :

Gunakan Cairan pembersih
Kenapa harus menggunakan Cairan pembersih?? Tidak ada keharusan sih, namun, cairan pembersih ampuh untuk membersihkan kotoran sisa makanan, lapisan lemak, bahan plastik yang tipis (semacam plastik gula).
Bagaimana cara menggunakannya?? Cara penggunaannya pun terbilang mudah. Pertama, anda harus kuras air yang menggenang di wastafel hingga kering, kedua tuangkan cairan pembersih secukupnya ke lubang wastafel. Ingat,,Berhati-hatilah ketika menuangkan cairan pembersih, ada baiknya anda gunakan sarung tangan, dan segera tutup lubang sink dengan wadah plastik yang diposisikan terbalik untuk menghindari luapan kotoran dan zat asam dari cairan pembersih. Tunggu kira-kira 15 menit, lalu siram lubang wastafel dengan air dingin. Bahan cairan pembersih ini aman bagi pipa air.


Menggunakan kawat spiral
Kawat spiral tidak dapat digunakan untuk membersihkan sink yang mampet karena sumbatan bahan semacam plastik.  Terdapat 2 jenis kawat spiral, yang satu berbentuk seperti selang dengan tangkai besi untuk pemutar, tipe lain memiliki pemutar seperti alat pancing.
Pertama-tama masukkan ujung kawat spiral ke lubang sink, longgarkan hingga mencapai titik buntu, kemudian eratkan pengunci kawat. Untuk tipe kawat spiral yang pertama, tekan kawat berulang kali sedangkan untuk tipe kawat kedua, putar tuas yang tersedia searah jarum jam sambil tekan ke arah titik yang buntu hingga bersih. Longgarkan dan angkat kembali kawat spiral, siram lubang dengan air. Ulangi proses ini hingga lubang wastafel tidak  mampet.

Itulah beberapa tips seputar wastafel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar