20/02/13

Kaca Tempered

Apa Itu Kaca Tempered??


Kaca Tempered
Dalam dunia desain interior pastilah ada banyak material-material pelengkap yang mempunyai peranan yang cukup penting, ibaratnya kalau ga ada material tersebut, ibarat makan sayur tanpa garam, hambar rasanya. Dan minimal kita juga harus tahu beberapa nama dan spesifikasi bahan material tersebut. Salah satunya materila yang bernama Kaca Tempered.

Apa itu kaca tempered?? kaca tempered adalah/merupakan aca yang diperkeras dengan cara memanaskan kaca float biasa sampai mencapai suhu/temperature sekitar  700*C, kemudian setelah kaca tersebut dipanaskan, proses selanjutnya adalah didinginkan secara mendadak, dengan cara menyemprotkan udara secara merata pada kedua permukaan kaca. Nah, Dari proses ini maka terjadi perubahan fisik kaca yaitu terjadi perubahan gaya tekan dan gaya tarik pada kaca, tapi secara visual tidak terjadi perubahan.

Gunanya untuk apa?? Kaca ini bisa anda gunakan untuk berbagai macam hal, seperti pintu-pintu bebas rangka, dinding-dinding gedung bertingkat, dan lainnya. Bahkan, dalam dunia interior, kaca ini juga sering dipakai, Untuk apa?? Kaca tempered ini dipakai untuk kaca kitchen, lemari, meja, dan lainnya. Selain itu, ada beberapa hal yang menarik dari kaca tempered itu?? Apa saja?? Berikut informasinya :



  • Kaca tempered memang sangat kuat, namun bukan berarti tidak bisa pecah. Kaca jenis ini tahan terhadap benturan 5x lebih kuat dari kaca biasa, beda cerita jika kaca tergores. Kaca jenis ini akan pecah dengan goresan yang dalam, meskipun tidak secara langsung. Kaca yang tergores akan pecah seiring dengan waktu.
  • Perhatikan apakah terdapat retakan pada kaca tempered Anda. Retakan kecil pada kaca akan menyebar hingga keseluruh bagian kaca secara perlahan namun pasti hingga akhirnya pecah.
  • Kaca jenis ini memiliki keseimbangan yang baik, mulai dari daya tekannya hingga daya tariknya. Karenanya usahakan jangan mengubah bentuk kaca dengan melakukan pemotongan dan sejenisnya setelah kaca melalui proses tempering. Tentukan dimensi dan spesifikasi yang dibutuhkan sejak awal.
  • Untuk perawatannya tidak memerlukan proses yang rumit. Selayaknya membersihkan kaca jendela di rumah, Anda cukup menggunakan sabun pembersih kaca dan lap kering.
Nah, itulah sedikit informasi seputar kaca tempered.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar