11/09/12

Keramik

Keramik salah, Fatal Akibatnya

( Executive Summary by iDEA )

Keramik
Keramik memiliki keunggulan, antara lain porositas rendah, mudah dibersihkan, pemasangannya relative singkat, dan harganya cukup terjangkau. Bukan hanya itu, corak, desain, dan ukuran keramik pun semakin beragam sehingga semakin kaya desain yang dapat dibuat sesuai dengan selera anda.

Khusus untuk kamar mandi, anda perlu lebih cermat meneliti keramik yang akan dipakai. Perhatikan permukaannya, apakah kesat, halus, kasar, atau licin. Keramik untuk lantai, terutama lantai di area basah, 
memiliki beberapa persyaratan khusus, berikut informasinya :


Keramik- Memadu warna dan corak


Anda dapat memakai lebih dari 1 jenis desain, warna, dan ukuran keramik agar tampilannya lebih menarik. Contohnya, permukaan lantai menggunakan keramik warna putih yang kesat dan bertekstur kasar. Sementara dinding bagian atas hingga plafon memadukan 2 warna keramik. Misalnya kuning gading dengan border bermotif. Border digunakan sebagai pembatas atas dan bawah. Pemakaian border dapat memberikan kesan ruang yang luas. Untuk kamar mandi dianjurkan memakai warna yang terang agar kebersihannya dapat terpantau.

Keramik- Beda keramik lantai dengan dinding


Pada aplikasinya, keramik kamar mandi dibedakan atas keramik lantai dan dinding. Untuk area lantai yang bersentuhan dengan air dianjurkan menggunakan keramik dengan permukaan antislip yang kesat saat dipijak. Gunakan juga keramik berpori ekstra kecil agar tidak menyerap air dan mudah dirawat. Sebaliknya, hindari keramik lantai dengan permukaan licin, karena jika terkena air, keramik akan semakin licin.

Sedangkan untuk keramik dinding, anda harus memilih yang memiliki permukaan kasar atau halus, sesuai desain dan selera anda. Namun, keramik dengan permukaan mengkilap umumnya akan memberikan efek dingin.

Satu hal yang harus diperhatikan/diingat, keramik dinding lebih tipis dari keramik lantai, sehingga tingkat kekuatannya pun jauh dibawah keramik lantai. Jika keramik dinding dipakai untuk lantai, akan muncul problem seperti keramik retak, pecah, sampai popping.

1 komentar: