28/05/12

Bagian Blinds


Bagian Blinds
Seperti halnya tirai, blinds dan kerai juga mempunyai bagian-bagian fungsional dan bagian pelengkap yang mempercantik penampilannya. Tentunya, mempercantik interior rumah anda. Bagian yang wajib hadir pada blinds adalah tracks/ batang penggantung beserta tali serta stick pembuka dan penutupnya.

Selain itu,, anda juga harus cermat dalam memilih bahan pembentuk blinds. Karena, bahan yang dipakai sangat mempengaruhi tampilan blinds dan kerai. So, apa saja bagian blinds tersebut??berikut informasinya :)



Bahan Blinds
Bahan kain,, bahan kain yang biasanya digunakan sebagai pembentuk blinds adalah kain yang tebal dan kaku, misalnya katun, belacu, atau tenun. Bahan lemas seperti sutra, satin, ataupun lace jarang sekali digunakan sebab ketiga bahan tersebut tidak dapat meregang dengan baik saat dipasang di jendela.


Bahan Kayu,, bahan kayu juga dapat dijadikan pilihan untuk pembentuk tirai. Pertama-tama, kayu tersebut harus diolah dulu menjadi bilah-bilah tipis. 

Aluminium,, bahan ini kini hadir dalam berbagai pilihan warna menarik. Bagi penggemar gaya etnik dan natural, bamboo dan rotan bisa anda pilih sebagai bahan kerai.

Tracks/ batang penggantung

Bahan penggantung tirai merupakan bagian yang berfungsi menyangkutkan blinds atau kerai. Selain sebagai penggantung, ia juga menghasilkan bentuk yang indah pada blinds. Biasanya bahannya tidak hanya satu, melainkan tiga sampai empat, tergantung panjang jendela dan berapa banyak lipatan yang diinginkan. Untuk kerai, batang penggantung biasanya untuk menyangkut tali penarik.

Tampilan interior simple dan minimalis yang sedang digemari saat ini tak lagi banyak menonjolkan bentuk batang penggantung, kebanyakan malah disembunyikan di bawah plafon sehingga yang terlihat hanya juntaian kainnya. Kalaupun ditampilkan, desainnya dibuat sesederhana mungkin.

Tali penarik,, berfungsi untuk menggulung blinds keatas atau kebawah pada jenis roman blinds serta membuka dan menutup untuk jenis vertical dan horizontal blinds. Perhatikan betul bahan dan ketebalan talinya, sebab, beda bahan beda pula kekuatan tali yang diperlukan.

Stick pembuka & penutup

Terkadang blinds juga dilengkapi stick untuk membuka-tutupnya, terutama pada jenis vertical dan horizontal blinds. Jadi, untuk membuka dan menutup blinds, kita tinggal memutar stick-nya. Dengan cara yang sama anda dengan mudah bisa mengatur intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruang.

Artikel Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar