27/05/12

Pemanis Tirai ( Treatment )


Pemanis Tirai
Salah satu fungsi tirai adalah sebagai “pemanis” interior ruangan rumah, dengan adanya tirai ruangan menjadi lebih”cantik” lagi. Akan tetapi, tirai juga membutuhkan “pemanis” atau biasa disebut Treatment. So, apa saja yang termasuk pemanis tirai itu?? Berikut informasinya :

  • Tassel, Merupakan aksesoris yang berbentuk mirip lonceng. Bagian kepalanya bulat, diikat dengan tali atau benang. Tassel digunakan sebagai penghias tie back tirai. Bisa dibuat dari bahan sintetis maupun alami yang diikat dengan hasil akhir menjuntai.
  • Renda, bisanya digunakan untuk tirai berwarna turunan off-white, seperti ivory, alabaster, eggshell, chalk. Gardenia, dan cream. Merupakan pemanis yang simple, praktis, dan mudah dipasang pada berbagai tirai.
  • Pita, seperti halnya tassel dan renda, pita juga memberikan efek dekoratif pada tirai. Gunakan pita berwarna cerah atau bertekstur untuk mengimbangi tirai yang polos. Elemen yang satu ini tersedia dalam berbagai pilihan bahan, baik satin yang sederhana maupun brokat atau beludru yang mewah.
  • Temali, tali yang dimaksud biasanya dijalin sedemikian rupa dan bisa terdiri atas beberapa warna yang berbeda. Tali yang tipis dan ringan seringkali digunakan sebagai lis pada pinggiran sofa atau tirai untuk mempertegas bentuknya. Sementara itu, tali yang lebih tebal dan berat banyak digunakan sebagai tie back.
  • Fringes, terbuat dari bahan sintetis yang dijalin dan dibentuk seperti rumbai. Seringkali ditambahkan pada bagian pinggir atau bawah tirai, bisa juga pada bagian bawah headings, fringes hadir dalam berbagai warna sehingga dapat disesuaikan dengan warna tirai.
  • Kancing, juga banyak digunakan sebagai pemanis tirai. Biasanya dimanfaatkan untuk mengancingkan gantungan tirai ke track. Ini merupakan terobosan baru yang banyak digunakan pada tirai masa kini.
Itulah beberapa pemanis tirai, pilihlah tirai yang sesuai dengan desain interior anda, agar interior ruangan anda menjadi lebih cantik lagi.

Artikel Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar