28/05/12

Bahan Tirai


bahan tirai
Lain tirai, lain pula kebutuhan bahannya. Dengan kata lain, setiap jenis tirai membutuhkan bahan yang berbeda. Curtain misalnya, memerlukan kain yang jauh dengan lembut, sementara blinds, memerlukan bahan yang lebih kaku namun tipis dan kuat. Perbedaan bahan ini juga akan mempengaruhi penampilan jendela. Berbekal pengetahuan seputar material, kita bisa memilih bahan yang tepat.

Pemilihan bahan yang tepat juga mempengaruhi keindahan interior ruangan. Pilihlah naham yang sesuai dengan tema interior rumah anda. So, apa saja bahan-bahan tirai itu?? Beikut informasinya :)


Satin, ini merupakan bahan tirai favorit banyak orang. Sifatnya yang mengilat dan jatuh membuatnya cocok dijadikan tirai, khususnya yang bergaya klasik. Aksen mengilat membuat bahan ini terlihat formal sekaligus elegan dan mahal

Lace, karena tipis, lace atau renda banyak dipakai sebagai vitrase. Kehadiran renda dapat mempermanis tampilan jendela saat tirai utama dibuka. Motif tenunan renda sangat beragam, biasanya semakin rumit desainnya, semakin mahal harganya.

Tenun, hasil kerajinan tenun yang bersifat kasar dan alami ini banyak dipilih sebagai bahan tirai rumah karena tampilannya kasual. Karena pada umumnya, pembuatannya masih dilakukan secara tradisional ( dengan tangan ), benang yang akan ditenun haruslah tebal dan kuat. Inilah alasan mengapa kain tenun cenderung lebih tebal dan berat daripada kain buatan pabrik.

Belacu,,merupakan kain mori ( katun) yang masih mentah atau belum diputihkan. Selain warna kain yang putih dan kekuningan, sifat alami dan unfinished-nya yang bertekstur kasar merupakan ciri khas kain ini.
Saat dijadikan tirai, belacu menampilkan karakter natural dan kasual. Tampilan ini paling cocok untuk rumah berdesain etnik dan country. Untuk desain/gaya  etnik, padukan kain ini dengan pemanis tirai dari batik. Sementara itu, untuk desain/gaya kasual, padukan dengan tenun berwarna.

Batik,, batik terbuat dari mori yang diberi motif dengan malam. Walaupun saat ini bahan batik cukup beragam-dari sutra sampai serat tumbuhan batik dari mori masih merupakan pilihan yang ekonomis untuk tirai.

Artikel Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar