26/05/12

Bagian Tirai

Bagian Tirai I

bagian tirai
Pada umumnya, tirai memiliki dua bagian, yaitu bagian kepala dan badan. Karena posisinya yang menggantung, bisa dikatakan tirai tidak memiliki kaki. Untuk mempercantik penampilannya, tirai membutuhkan pelangkap lain, seperti ikatan ( tie back ), pelapis, dan hook. Dengan menambahkan berbagai aksesoris, anda tidak hanya menciptakan tirai yang fungsional, namun juga cantik dan menarik.

Selain itu, salah satu fungsi tirai adalah sebagai pelengkap dan "pemanis" interior ruangan anda. Adapun bagian-bagian tirai, berikut informasinya :


Penggantung Tirai

1. Rel, bagian pertama adalah rel, berfungsi untuk mempermudah kita membuka dan menutup tirai. Selain dibiarkan  terbuka, rel juga dapat disembunyikan di balik heading atau pelmet. Atau pilihan lainnya adalah dengan menyembunyikannya di balik plafon.
2. Tracks,, biasa disebut juga batang penggantung tirai. sama seperti rel, tracks dapat dipasang terbuka maupun disembunyikan di balik heading atau pelmet. Tracks biasanya kita jumpai terbuat dari kayu, plastik maupun logam. Untuk memilih tracks sebaiknya disesuaikan dengan beban tirai yang digunakan, bahan logam cenderung lebih kuat menahan beban, begitu juga dengan kayu yang tebal.
3. Finial,, atau disebut juga ujung rel,, yaitu merupakam stopper atau penahan tirai agar tidak lepas dari tracks. Finial juga tersedia dalam berbagai bahan, bentuk, ukuran, dan warna, sehingga dapat sekaligus sebagai pemanis interior rumah anda.

Kepala Tirai

1. Kanopi,, yaitu bagian atas tirai yang sering kali diberi penutup untuk menutupi rel dan tracks. Awalnya kanopi hanya berbentuk papan lurus yang dilapisi kain. Kini, kanopi di desain dengan beragam variasi, terutama untuk tirai bergaya interior klasik.
2. Pelmets,, adalah bagian dari kanopi penutup tirai, berwujud papan lurus yang biasanya terbuat dari kayu, plywood, atau MDF. Pelmets bisa di finishing dengan cat atau ditutup dengan kain.
3. Valance, adalah kain penutup bagian kepala tirai yang terbuat dari kerutan ( skirt ). Kanopi yang dilengkapi valance kana menampilkan tirai yang lebih cantik, lembut, dan memberi kesan hangat.
4. Swag, adalah kain panjang yang dililitkan pada tracks dan diatur sedemikian rupa sehingga membentuk draperi atau lilitan cantik sepanjang tracks.

So, jadikan desain interior rumah anda menjadi lebih menarik dengan memilih tirai yang tepat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar